PROFIL BANDUNG DIGITAL VALLEY

 

Bandung Digital Valley diresmikan oleh PT Telkom Indonesia pada tanggal 20 Desember 2011. Bandung Digital Valley yang beralamat di Jl. Gegerkalong Hilir 47 Bandung merupakan bagian dari program Indigo Incubation Nation, program yang diinisiasi oleh PT Telkom Indonesia dalam mengembangkan ekosistem startup digital di Indonesia. Bandung Digital Valley berperan sebagai incubation center bagi startup inkubasi Indigo Creative Nation dan coworking space bagi startup umum.

Bandung Digital Valley menempatkan diri sebagai resource pool bagi para stakeholder dalam dunia startup digital dengan menyediakan dukungan akses pendanaan, jaringan komunitas, dan pusat informasi program Indigo Creative Nation. Adapun untuk startup yang telah menjadi keluarga Indigo Creative Nation melalui program inkubasi, dapat mengakses fasilitas eksklusif berupa:

  1. Dedicated working space. Area kerja yang disediakan khusus untuk startup Indigo Creative Nation berikut dengan fasilitas ruang meeting privat dan berbagai fasilitas area di Bandung Digital Valley,
  2. Pendanaan dari Indigo Creative Nation Program sampai dengan Rp.750.000.000,- per startup yang dibagi dalam dua tahapan: Product Validation dan Business Model Validation. Untuk startup dalam program akselerasi akan mendapatkan pendanaan hingga Rp.2 Miliar,
  3. Akses pasar melalui Tribe internal Divisi Digital Business Telkom dan Customer Facing Unit (CFU) Telkom,
  4. Mentorship dari resident mentor dan internal mentor (mentor dari PT Telkom Indonesia),
  5. Dukungan teknis berupa server Flou, Telkom API, dan akses ke berbagai produk Telkom, dan
  6. Akses pendanaan dari pihak eksternal.

Di samping dari fasilitas yang diberikan Indigo Creative Nation Program, ada juga berbagai fasilitas gratis yang anggota Bandung Digital Valley dapat manfaatkan berupa area coworking space seluas ±1.200 m² mencakup area kerja bersama gratis, ruang inkubasi, lounge, dan kafe. Di samping fasilitas fisik gratis, Bandung Digital Valley juga mengadakan berbagai kegiatan menarik untuk para startup founder dan tech enthusiast Kota Bandung yang bersifat gratis, berupa:

  1. Pitch Up, event kontes pitching bulanan bagi startup digital Kota Bandung yang ingin bergabung ke program Indigo Creative Nation dengan jalur Digital Valley.
  2. Startup Corner, kegiatan startup coaching oleh General Manager Bandung Digital Valley untuk memoles pitch deck para startup yang terseleksi dari program Pitch Up.
  3. Kelas Bisnis , event seminar yang mengajarkan para hustler dalam mengelola startup, strategi bisnis, dan pemasaran.
  4. Kelas Desain, event seminar yang mengajarkan para hipster mendesain aplikasi baik dari sisi teknis atau framework.
  5. Kelas Ngoding, event seminar yang mengajarkan para hacker tentang teknologi dan framework yang dapat diimplementasikan dalam membangun startup digital.
  6. Kelas Startup, event seminar yang mengajarkan para founder agar lebih mengenal tentang startup yang dapat diimplementasikan dalam startup digitalnya.

Pelaksanaan harian Bandung Digital Valley dikelola secara profesional oleh MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki misi untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif digital di Indonesia. Dengan kolaborasi antara TELKOM dan MIKTI yang beranggotakan para profesional dan wirausahawan di bidang industri kreatif digital di Indonesia, diharapkan manfaat yang diberikan kepada komunitas pengembang menjadi lebih optimal.

Untuk dapat menikmati berbagai fasilitas dan layanan di Bandung Digital Valley, cukup daftarkan diri Anda di https://member.bandungdigitalvalley.com tanpa dipungut biaya apapun. Jangan lupa juga follow Instagram Bandung Digital Valley di @telkombdv ya.

Sampai ketemu di Bandung Digital Valley, BDVers!