PROFIL BANDUNG DIGITAL VALLEY

 

Bandung Digital Valley di resmikan oleh PT Telkom Indonesia pada tanggal 20 Desember 2011. Bandung Digital Valley merupakan program dari Indigo Incubation Nation, PT Telkom Indonesia yang beralamat di Jl. Gegerkalong Hilir 47 Bandung. Konsep dari Bandung Digital Valley adalah jembatan antara para technopreneur/pengembang aplikasi dengan pasar atau industri sebagai penyerap dan pengguna aplikasi tersebut. Bandung Digital Valley memposisikan diri sebagai sebuah pusat sumber daya (resource pool) bagi simpul-simpul (hub) yang secara terbuka bisa menjadi bagian atau mendapatkan hak akses berbagai aplikasi yang siap dikembangkan. Hub dan resource pool ini akan berkaitan dengan inkubator atau creative centers, komunitas, sumber pendanaan, dan fasilitas pendukung lainnya.

Bandung Digital Valley memiliki program Indigo Fellowship (kompetisi), Indigo Venture (pendanaan suatu bisnis), dan Co-working space yang dirangkum dalam satu program yaitu Indigo Incubator. Program ini bertujuan untuk menginkubasi (memberikan pendampingan usaha) start-up dengan berbagai fasilitas dan layanan oleh mentor (pendamping) selama enam bulan dalam tiga tahap yaitu Customer Validation, Product validation dan Business Model Validation .

Fasilitas dan layanan yang disediakan oleh Bandung Digital Valley selama masa inkubasi yaitu:

  • Kantor sebesar 1200 meter persegi yang mencakup ruang kerja, ruang rapat, lounge dan kafe.
  • Server, render farm & multi-platform gadgets untuk menguji coba aplikasi yang telah dibuat.
  • Business coaching & mentoring, program pendampingan bisnis selama 6 bulan oleh para mentor yang telah berpengalaman di dunia bisnis kreatif digital di Indonesia, bekerja sama dengan MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia). Dalam program ini tenant akan dibimbing oleh resident mentor (mentor tetap) sebanyak tiga kali dalam seminggu dan visiting mentor (mentor yang datang sewaktu-waktu) untuk memberikan pengajaran dan berbagi pengalaman bisnis dalam bidang entrepreneurship, business model, product management, commercial, management, finance, strategy, dan public speaking).
  • Seed capital/funding, hingga Rp. 250.000.000 per start-up yang terbagi dalam tiga tahap ( Customer Validation, Product validation dan Business Model Validation). Terdapat pula pilihan untuk mendapatkan pendanaan lanjutan hingga 2 miliar rupiah bagi produk yang dinilai memiliki peluang bisnis yang luar biasa.
  • Market access, kerjasama pemasaran untuk produk yang memenuhi standar melalui jaringan distribusi dan pemasaran Telkom, baik offline maupun online di Indonesia dan di negara lain dimana PT Telkom telah beroperasi.

Bandung Digital Valley juga memberikan layanan kepada masyarakat umum berupa co-working space dengan syarat mendaftar member Bandung Digital Valley, tanpa dipungut biaya.

Untuk mengembagkan ekosistem digital di bandung, Bandung Digital Valley mempunyai 5 event yaitu

  • Pitch Up, event berbentuk coaching pitch deck atau business model canvas bagi startup agar bisa lebih siap apabila presentasi di hadapan investor.
  • Business Series, event berbentuk seminar yang diisi oleh para expert di bidang bisnis startup.
  • Design Series, event berbentuk seminar yang diisi oleh para expert di bidang desain startup.
  • Technical Series, event berbentuk pelatihan yang diisi oleh para expert di bidang teknis startup.
  • Open Stage, event berbentuk seminar yang diisi oleh startup binaan indigo.

Dalam pelaksanaannya, Bandung Digital Valley dikelola secara profesional oleh MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki misi untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif digital di Indonesia. Dengan kolaborasi antara TELKOM dan MIKTI yang beranggotakan para profesional dan wirausaha di bidang industri kreatif digital di Indonesia, diharapkan benefit yang diberikan kepada komunitas pengembang menjadi lebih optimal.