[Photo Source: Austin Distel on Unsplash]

 

Setiap organisasi, termasuk startup, tentu memiliki struktur organisasi yang bertujuan untuk mendukung kemudahan operasional. Bagi startup sendiri, penting untuk memiliki struktur organisasi yang ideal, sehingga tidak ada tumpang tindih tanggung jawab antar karyawan. Struktur yang ideal juga mampu menjadi fondasi perusahaan yang kuat untuk bisa mencapai kesuksesan.

Mengutip dari Glints, dalam buku StartupPedia karya Anis Uzzman, setidaknya terdapat enam anggota inti yang perlu dimiliki oleh sebuah startup dalam struktur organisasinya, diantaranya:

 

1. Chief Executive Officer (CEO)
Posisi CEO mungkin sudah tidak asing lagi diartikan sebagai sosok pemimpin tertinggi dari suatu perusahaan, termasuk startup. Sebagai sosok pemimpin, CEO memiliki peran yang vital dalam menentukan masa depan perusahaan. Seorang CEO juga memiliki tanggung jawab dalam membangun hubungan baik dengan investor.
Secara umum, berikut peran CEO dalam suatu perusahaan startup, diantaranya:
Merancang dan mengkomunikasi visi perusahaan
a. Merekrut anggota tim
b. Membangun hubungan tim yang kuat dan solid
c. Menjabarkan strategi bisnis
d. Memprediksi tren pasar
e. Membangun hubungan dengan investor
f. Mengatur biaya dan anggaran perusahaan

 

2. Chief Technology Officer (CTO)
Posisi CTO memiliki peran yang sangat penting atas produk yang diproduksi perusahaan. Bagi startup yang baru merintis, posisi ini masih bisa digantikan oleh manajer produk. Setidaknya, berikut peran CTO dalam perusahaan startup, diantaranya:
a. Menyatukan pengembangan produk
b. Memahami dan mengadopsi perkembangan teknologi
c. Mengelola pengembangan produk

 

3. Chief Financial Officer (CFO)
Bagi semua jenis perusahaan, tentu memiliki karyawan yang bertanggung jawab pada bidang keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki. Karena bagi suatu bisnis, dana merupakan sumber yang akan selalu dibutuhkan untuk menjalankan perusahaan. Maka, dibutuhkan posisi CFO dalam mengatur pendanaan sebuah startup. Berikut tanggung jawab seorang CFO dalam perusahaan startup, diantaranya:
a. Membentuk strategi penggalangan dana
b. Membuat keputusan yang berhubungan dengan sumber daya manusia, seperti merekrut, memecat, menggaji, dsb.
c. Merumuskan dokumen keuangan
d. Membahas kesehatan keuangan perusahaan dengan CEO

 

4. Chief Marketing Officer (CMO)
Kegiatan pemasaran pun tak luput dari bagian yang penting dimiliki oleh startup. Seorang CMO akan memiliki tanggung jawab di semua kegiatan pemasaran, seperti riset dan menyusun strategi branding perusahaan. Selain itu, terdapat beberapa lingkup kerja yang menjadi tanggung jawab CMO, antara lain:
a. Mengembangkan strategi pemasaran
b. Melaksanakan riset pasar
c. Menjaga citra perusahaan
d. Menciptakan kampanye humas (Public Relation Campaign)

 

5. Chief Operating Officer (COO)
Sebagaimana titelnya, seorang COO akan bertanggung jawab pada segala kebutuhan operasional startup. Meski begitu, bagi startup yang baru merintis, posisi ini tidak dikatakan wajib dan masih bisa dipegang oleh CEO. Setidaknya terdapat beberapa peran yang biasanya dilakukan COO di sebuah startup, yaitu:
a. Mengatur perusahaan
b. Penghubung antara karyawan dan CEO
c. Mengatur bisnis inti

 

6. WP Penjualan (Wakil Presiden Penjualan)
Masih memiliki kaitan hubungan yang dekat dengan marketing dan penjualan, seorang WP Penjualan memiliki tanggung jawab dalam membantu startup menghasilkan keuntungan. Lingkup tanggung jawabnya, diantaranya:
a. Mengembangkan strategi pemasaran dengan CMO
b. Memahami kebutuhan konsumen dan mengembangkan nilai tambah yang menarik

 

Keenam posisi di atas merupakan struktur organisasi yang ideal bagi sebuah startup, khususnya di tahap akhir atau posisi tertinggi. Meski begitu, bagi startup yang baru merintis, masih bisa menyesuaikan struktur organisasi dengan ketersediaan kualitas sumber daya manusia yang ada. Apabila memungkinkan, satu orang bisa memegang dua peran sekaligus.

 

 

Written by Rimaya Akhadiyah 

Sumber Referensi:

Juwita, M. (2021, February 11). Begini Struktur Organisasi Perusahaan Startup yang Ideal. Glints. Retrieved May 12, 2021, from glints.com/id/lowongan/struktur-organisasi-perusahaan-startup/