[Photo Source: Solen Feyissa on Unsplash]

Menggunakan Search Engine Optimization (SEO) amat penting untuk menciptakan konten yang mampu meningkatkan traffic sebuah situs. Mengutip dari Ekrut Media, Google Trends merupakan sebuah alat gratis dari Google yang mampu menemukan dan membandingkan tren pencarian yang dilakukan di Google, Google News, Google Images, Google Shopping hingga Youtube. Cakupan wilayah yang bisa dijangkau oleh Google pun bisa diatur mulai dari tingkat regional hingga internasional. Hasil pencarian kata kunci akan ditampilkan dalam bentuk grafis.

Manfaat Google Trends
Secara umum, Google Trends tidak hanya dapat digunakan untuk menciptakan strategi konten dan SEO saja, tapi juga bisa menjadi inspirasi para pelaku bisnis untuk menciptakan iklan yang efektif dengan memanfaatkan apa yang sedang hangat dibicarakan oleh target publik. Mengutip dari Ekrut Media, kamu dapat menggunakan Google Trends untuk menganalisis beberapa hal, seperti berikut:

1. Tren Kata Kunci
Dengan Google Trends, kamu dapat mencari tren dari sebuah kata kunci dari berbagai mesin pencarian Google seperti yang telah disebutkan di atas. Kamu juga bisa mengidentifikasi jenis bahasa yang digunakan oleh target publik.

2. Tren Musiman
Dalam periode waktu tertentu atau secara musiman, kamu mampu melihat tren kata kunci apa yang sedang dibicarakan oleh target publik. Dengan begitu, kamu mampu menciptakan kalender editorial untuk menyusun konten yang relevan dalam periode waktu tertentu.

3. Tren Regional
Apabila target publik yang kamu sasar berada dalam wilayah geografis yang sempit, kamu tetap bisa memanfaatkan Google Trends untuk menjangkaunya. Google Trends menyediakan fitur yang memudahkan bagi kamu untuk memilih wilayah yang ingin dijangkau, termasuk wilayah regional. Sehingga, kamu bisa membandingkan apa yang sedang dibicarakan oleh target publik di wilayah-wilayah yang berbeda.

4. Topik Terkait
Google Trends memungkinkan kamu untuk mencari kata kunci lalu menemukan topik yang terkait dengan kata kunci tersebut. Dengan begitu, kamu mampu menganalisis perilaku target publik secara lebih luas.

Cara Menggunakan Google Trends
Cara menggunakan Google Trends pun bisa terbilang mudah. Mengutip dari dari CNN Indonesia, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan Google Trends, diantaranya:

1. Buka Situs Google Trends
Buka situs dengan mencari kata kunci “Google Trends” di mesin pencari Google atau kamu juga bisa langsung membukanya di https://trends.google.com/trends/
Setelah itu, kamu akan mendapati layar dengan tampilan beranda yang bertuliskan “Temukan Apa yang Dicari Dunia”.

2. Ubah Lokasi
Cara mengubah target lokasi yang ingin kamu cari ada di pojok kanan atas. Lokasi yang ingin kamu temukan bisa berasal dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

3. Tuliskan Kata Pencarian
Dalam menuliskan kata pencarian, kamu perlu menuliskannya secara detail dan jelas. Setelah berhasil menelusurinya, layar akan menampilkan tabel grafik tren pengguna mencari kata kunci tersebut dalam satu tahun terakhir. Melalui Custom Time Range di bagian atas, kamu bisa menentukan rentang waktu pencarian. Di bagian bawah grafik, kamu bisa menemukan bagaimana minat kata kunci di berbagai daerah. Tidak hanya itu, kamu bisa menemukan topik yang terkait kata kunci dan peningkatan nilai topik tersebut melalui presentase.

4. Membandingkan Antar Kata Kunci
Di Google Trends kamu dapat membandingkan antar kata kunci melalui tampilan grafik dan informasi lainnya. Caranya adalah memasukkan kata kunci yang ingin kamu cari di kolom ‘Compare’ yang berada di atas halaman.

Demikian beragam manfaat dan cara menggunakan Google Trends yang bisa kamu terapkan dari sekarang. Melalui informasi yang ada di sana, kamu dapat merancang strategi konten, SEO, hingga iklan untuk menarik perhatian target publik.

Written by Rimaya Akhadiyah 

Sumber Referensi:

Cara Menggunakan Google Trends untuk Strategi Konten. (2021, May 13). CNN Indonesia. Retrieved May 13, 2021, from www.cnnindonesia.com/teknologi/20210507121216-190-639905/cara-menggunakan-google-trends-untuk-strategi-konten/amp

Tri Handayani, M. (2020, November 25). Cara menggunakan google trends untuk strategi konten dan SEO. Ekrut Media. Retrieved May 12, 2021, from www.ekrut.com/media/cara-menggunakan-google-trends