[Photo Source: Priscilla Du Preez on Unsplash]

 

Kegiatan magang akan menjadi track record yang baik untuk seorang mahasiswa, entah itu program magang yang diwajibkan oleh kampus maupun tidak. Dengan mengikuti kegiatan magang, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan maupun pengalaman yang tentu akan mempertunjang kualifikasimu saat melamar kerja nantinya. Startup menjadi salah satu tujuan yang tepat untuk kamu yang menginginkan pengalaman bekerja dengan budaya yang tidak biasa.

Berikut setidaknya terdapat beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila mengikuti magang di sebuah startup, diantaranya:

1. Waktu Magang Lebih Fleksibel
Aturan jam kerja di sebuah startup bisa dikatakan fleksibel, tidak seperti perusahaan konvensional. Hal ini pun bisa berlaku untuk karyawan magang. Tujuan diberlakukannya aturan ini adalah untuk memaksimalkan kinerja karyawan dengan memotong hal-hal yang tidak produktif. Bahkan di masa pandemi sekarang, dengan diberlakukannya work from home (WFH) akan memudahkan mahasiswa dalam memanajemen waktu ketika mengikuti program magang.

2. Terbuka dengan Pendapat
Meskipun memiliki struktur organisasi, budaya kerja di startup cenderung terbuka. Dengan begitu, tidak ada batasan yang membuat karyawan tidak bisa menyampaikan argumentasinya di sebuah rapat atau proyek. Bahkan karyawan di sebuah startup, termasuk karyawan magang, bisa diminta untuk menyampaikan ide-ide yang kreatif untuk mendukung memenuhi kebutuhan proyek. Ketika idemu dinilai bagus dan mampu diaplikasikan, tentu hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi kualifikasi kerjamu nantinya. Apabila beruntung, kamu bisa mendapatkan peluang untuk diangkat menjadi pegawai tetap.

3. Alur Kerja Unik
Tidak seperti perusahaan konvensional, startup dengan jumlah karyawan yang kecil, cenderung memiliki alur kerja dengan komunikasi yang terbuka antar posisi atau jabatan. Sebagai seorang karyawan magang, kamu bisa mendapatkan pengalaman belajar atau bahkan berkawan dengan jejeran pemimpin startup, termasuk CEO. Hal ini tentu akan membantumu meningkatkan kualitas diri.

4. Tantangan Tugas
Startup merupakan sebuah jenis perusahaan yang diharuskan tumbuh dengan cepat dan beradaptasi dengan perubahan. Berinovasi akan menjadi tugas yang menantang ketika bekerja atau bahkan hanya menjalankan program magang di sebuah startup. Kebiasaan mendapatkan tugas seperti ini akan bermanfaat pada performa kerjamu. Tidak hanya itu, ritme kerja yang penuh tantangan seperti ini akan membentuk dirimu menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah menyerah pada kegagalan.

 

Demikian beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan selama mengikuti kegiatan magang di startup. Pengalaman bekerja seperti di atas mampu menjadi bekal yang menjual dan memperbesar peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan di masa mendatang.

 

Written by Rimaya Akhadiyah

Sumber Referensi:

Hogan, H. (n.d.). 5 Alasan Kenapa Magang di Startup. Mebiso. Retrieved May 12, 2021, from mebiso.com/kerja-magang-di-perusahaan-startup/amp/

Nevada, C. (2020, October 7). 3 Keuntungan Magang di Startup Bagi Mahasiswa. Go Kampus. Retrieved May 12, 2021, from www.gokampus.com/blog/3-keuntungan-magang-di-startup-bagi-mahasiswa/