Bekerja di perusahaan startup sebagai pilihan karir kamu tampaknya menjadi impian untuk banyak orang. Sebab, kerja di startup pada masa kini cukup menjanjikan untuk masa depan. Terlebih dengan bekerja di startup, kesempatan untuk mengembangkan diri dan mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki semakin terbuka lebar. Nah apa aja jenis posisi pekerjaan yang selalu dibutuhkan startup? Yuk simak tulisan dibawah!

1. Digital Marketing
Digital marketing menjadi salah satu jenis pekerjaan yang pasti dibutuhkan oleh startup. Jika kamu tertarik dengan posisi ini, maka kamu harus tahu dulu apa saja skill digital marketing yang dibutuhkan. Skill utama yang perlu dikuasai adalah pemahaman tentang dunia digital seperti penggunaan media sosial, mesin pencarian, pembuatan konten digital, serta pemahaman tools analytics.

Dalam digital marketing ada beberapa strategi yang bisa dilakukan
misalnya dengan menggunakan social media marketing, content marketing, SEO, SEM, dan masih banyak lainnya.

2. UI dan UX Designer
User Interface (UI) Designer memiliki pekerjaan yang tidak jauh berbeda dengan web designer. User Interface (UI) Designer bertugas untuk membuat website atau aplikasi dari perusahaan tersebut terlihat dan berbentuk sesuai dengan yang diinginkan. Sementara itu, User Experience (UX) Designer bertugas meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk dari suatu perusahaan start-up tersebut.

3. Data Analyst Officer
Sebagai seorang data analyst, pekerjaan ini membutuhkan sikap kritis serta ketelitian terhadap menganalisa setiap data baik dari internal maupun eksternal mengenai perusahaan tersebut. Data tersebut kemudian direpresentasikan terhadap langkah apa yang sebaiknya diambil untuk kemajuan perusahaan.

4. Product Manager
Product manager memiliki tanggung jawab utama yaitu merancang strategi, visi, dan pengembangan produk. Dalam melaksanakan tugasnya biasanya seorang product manager akan bekerja sama dengan tim engineering dan marketing untuk memasarkan produknya. Beberapa jenis skill yang diperlukan untuk menjadi seorang product manager, antara lain komunikasi, riset dan analisis data, serta strategic thinking.

5. Customer Service
Setiap perusahaan tentunya membutuhkan posisi sebagai Customer Service. Selain bertugas untuk menjawab setiap pertanyaan dari pelanggan, customer service juga bertugas untuk menangani setiap keluhan dan permasalahan yang timbul dengan merepresentasikan citra perusahaan.

Itu dia 5 jenis posisi pekerjaan yang selalu dibutuhkan startup. Nah kalau dari penjelasan diatas, kamu tertarik posisi yang mana?

Written by: Nabila Zumarnis

Sumber:

IDS. (2017). 10 PEKERJAAN HOT DI DUNIA STARTUP. Idseducation.Com. Retrieved from https://idseducation.com/10-pekerjaan-hot-di-dunia-startup/
I
smi, T. (2021). 6 Jenis Pekerjaan yang Selalu Dibutuhkan Perusahaan Startup. Glints. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/pekerjaan-yang-dibutuhkan-startup/#.YJfTBbUzbIU