Jika startup adalah perusahaan pemula yang sedang berupaya untuk bisa menjadi lebih besar, maka corporate merupakan perusahaan besar yang telah mapan dan memiliki sistem serta berbagai aturan tersendiri yang dijalankan secara terstruktur. Dari keduanya pun memiliki perbedaan, salah satunya dalam budaya kerja.

Setiap perusahaan memiliki budaya kerja nya sendiri. Maka kamu perlu tahu dan mengerti budaya kerja dari perusahaan yang akan kamu pilih. Budaya kerja di startup biasanya memiliki ruang lingkup yang lebih kecil dibanding corporate, dan biasanya startup dipenuhi oleh orang-orang fresh graduate yang memiliki ide-ide segar. Nah, apalagi sih perbedaan budaya kerja antara startup dan corporate? Berikut penjelasannya!

1. Jam Kerja
Corporate biasanya memiliki aturan jam kerja yang baku dan mengikat sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Jika ada karyawan yang datang terlambat, biasanya perusahaan akan melakukan pemotongan uang makan atau lainnya, tergantung kesepakatan perusahaan. Dan jika ditemukan karyawan yang datang terlambat hingga melebihi batas, perusahaan akan melakukan pemotongan uang dari gaji pokok.

Sedangkan pada startup, jam kerja biasanya ditetapkan lebih longgar dan tidak paten. Fokus dari perusahaan rintisan ini lebih ke goal yang wajib diraih, bukan kepada aturan jam kerja. Selama pekerjaan terselesaikan, maka berapa lama jam kerja bukanlah hal masalah. Walaupun banyak pula perusahaan startup yang memiliki jam lembur hingga larut malam karena banyaknya target yang harus dikejar.

2. Tempat Kerja
Umumnya corporate memiliki gedung perkantoran mewah dengan sekat antar bagian jelas sebagai tempat bekerja, antar atasan dengan karyawan memiliki ruang yang berbeda.

Sementara startup masih banyak yang memiliki ruang kerja tanpa sekat atau biasa kita kenal dengan istilah open space. Antar pekerja bisa bekerja di satu ruang terbuka tanpa ada perbedaan ruang antar atasan dan bawahan. Tempat kerja seperti ini lebih memunculkan sistem komunikasi yang baik dan terarah.

3. Pakaian Kerja
Pada umumnya, perusahaan korporat mengharuskan karyawannya untuk menggunakan pakaian kerja yang formal seperti kemeja, celana bahan, blouse, dan sebagainya. Sementara itu, perusahaan startup cenderung membebaskan pakaian kerja karyawannya. Biasanya karyawan di startup diperbolehkan menggunakan kaus oblong.

4. Gaji dan Tunjangan
Hal ini rasanya menjadi salah satu bahan pertimbangan penting. Perusahaan korporat memiliki aturan yang cukup jelas mengenai gaji, tunjangan, bonus, hingga kenaikan gaji. Jika karyawannya lembur, ada upah lembur yang jelas. Jika karyawannya mencapai target tertentu, ada bonus yang didapatkan.

Di sisi lain, gaji di startup sangat relatif. Startup yang sudah tergolong dalam unicorn bahkan decacorn mungkin memiliki standar gaji yang tinggi. Namun bagi perusahaan startup yang belum lama berdiri, biasanya gaji karyawan baru tidak jauh berbeda dari upah minimum provinsi (UMP). Adapun bonus dan tunjangan yang belum tentu diberikan kepada karyawan startup.

5. Career Path
Perusahaan korporat umumnya memiliki jenjang karier yang lebih pasti daripada perusahaan startup. Namun, persaingannya tentu saja tidak mudah. Sementara itu, perusahaan startup belum bisa memastikan bahwa career path-mu akan jelas di sana. Karena masih terus berkembang, ada berbagai penyesuaian struktur perusahaan yang mungkin terjadi.

Nah itu dia perbedaan budaya jika kamu bekerja di startup dan corporate. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk memilih pekerjaan. Dan ingat dimanapun itu pasti memiliki kelebihan dan kekuranganšŸ˜Š

Written by: Nabila Zumarnis

Sumber:

Ariana, G. N. (2021). Yuk, Pahami 6 Perbedaan Budaya Kerja di Perusahaan Startup dan Korporat! Glints. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/budaya-kerja-startup-dan-korporat/#.YJe5cLUzbIU

Binakarir. (n.d.). Empat Perbedaan Bekerja di Startup dan Corporate. Binakarir.Com. Retrieved from http://binakarir.com/empat-perbedaan-bekerja-di-startup-dan-corporate/#:~:text=Jika startup adalah perusahaan pemula,tersendiri yang dijalankan secara terstruktur.

Onero Solutions. (2019). Ini Dia Perbedaan Bekerja di Startup dan Corporate, Anda Pilih yang Mana? Onero.Id. Retrieved from http://onero.id/insight/detail/ini-dia-perbedaan-bekerja-di-startup-dan-corporate-anda-pilih-yang-mana