Layaknya bisnis konvensional pada umumnya, startup juga membutuhkan strategi marketing dalam membangun bisnisnya. Marketing berperan untuk mempromosikan bisnis dan produk yang dihasilkan dari startup tersebut, baik berupa barang maupun jasa. Tujuannya adalah diharapkan masyarakat sebagai target konsumen dari bisnis tersebut dapat mengenal produk tersebut dan meningkatkan laba bisnis dengan meningkatkan potensi penjualan. Beberapa pendekatan marketing yang dinilai efektif untuk mendorong perkembangan startup diantaranya yaitu:

1. Pemasaran Melalui Media Sosial
Siapa sih saat ini yang tidak memiliki media sosial? Berkembangnya teknologi ikut mempengaruhi tren marketing, saat ini media sosial telah menjadi alat pemasaran terkuat saat ini. Kamu bahkan dapat menjangkau pasar yang sebelumnya tidak kamu targetkan. Hampir 90% pemasar mengatakan bahwa media sosial sangat penting bagi perkembangan bisnis. Dan 89% pemasar mengindikasikan bahwa mereka mendapatkan eksposur untuk perusahaan dari inisiatif di media sosial.

2. Search Engine Optimization (SEO)
Website dan media sosial menjadi medium digital yang paling efektif untuk konten marketing, namun supaya visibilitas konten lebih baik karena mengingat sudah sangat banyak konten yang ada di internet, startup perlu melakukan pendekatan SEO. Pendekatan SEO dilakukan untuk memastikan konten yang dibuat memiliki ranking yang bagus saat dicari di mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu, sesuai dengan permasalahan yang dicari pengguna.

3. Pendekatan Konten “Customer Journey”
Konsumen digital kebanyakan tidak mencari atau mengonsumsi informasi dalam saluran tunggal. Satu orang dapat mengakses banyak platform dengan karakteristik yang berbeda. Tidak semua orang selalu membaca blog setiap hari, pun tidak semua menyaksikan video YouTube setiap hari. Ini adalah sebuah perjalanan digital konsumen yang perlu diperhatikan, bagaimana pemasar dapat menghasilkan konten yang relevan di berbagai media, sehingga pada saat konsumen hadir di media tertentu, mereka akan mendapati informasi yang tepat, baik secara substansi materi ataupun waktu.

4. Influencer Marketing
Tren pemasaran dengan memanfaatkan pengaruh dari seorang tokoh di media sosial menjadi semakin meningkat. 84% pemasar diharapkan untuk meluncurkan kampanye iklan dengan melibatkan influencer setidaknya selama satu tahun. Dalam sebuah survei yang dilakukan kepada pemasar, 94% diantaranya percaya bahwa influencer marketing bekerja dengan sangat efektif. Influencer merupakan alat pemasaran yang sangat efektif bagi startup untuk mengembangkan bisnis dan produk mereka.

Itulah beberapa pendekatan marketing yang dapat dilakukan oleh startup. Untuk kamu yang sedang meningkatkan startup dari strategi marketing semoga tulisan ini bermanfaat, semangat!

Written by: Nabila Zumarnis

Sumber:

Daily Social. (n.d.). 21 Strategi Marketing Efektif untuk Startup Baru. Dailysocial.Com. Retrieved from https://dailysocial.id/strategi-marketing-yang-efektif-untuk-startup/

Steven, A. (2020, April 3). Ini 5 Strategi Marketing Terbaik bagi Perusahaan Startup, Salah Satunya Jadi Viral! Kompasiana.Com. Retrieved from https://www.kompasiana.com/alejan3/5e8692f8097f364b9a618132/ini-5-strategi-marketing-terbaik-bagi-perusahaan-startup-salah-satunya-jadi-viral?page=1