Brand e-commerce menggunakan Instagram untuk menjangkau pelanggan baru, mengembangkan audiens mereka, dan terlibat dengan pelanggan yang sudah ada. Faktanya, tahukah kamu bahwa lebih dari 2 juta bisnis terhubung dengan orang-orang di Instagram, dan menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Facebook, 81% responden mengatakan bahwa Instagram membantu mereka meneliti produk dan layanan. Ini membuktikan bahwa Instagram telah mengubah cara rata-rata pelanggan sekarang berbelanja, karena orang dapat membeli produk kamu langsung dari foto dan video kamu di Instagram.

Berikut poin-poin bagaimana kamu dapat membawa toko e-commerce kamu ke level selanjutnya dengan Instagram.

1. Gunakan Hashtag secara Efektif
Hashtag merupakan elemen penting yang tak bisa dipisahkan dari Instagram. Hashtag ini berguna untuk menghubungkan beberapa konten di satu kata kunci yang sama agar lebih mudah ditemukan oleh orang-orang. Kiriman instagram yang menggunakan hashtag mendapatkan 12,6% lebih banyak keterlibatan dibandingkan dengan kiriman instagram yang tidak menggunakan hashtag. Jadi sangatlah bermanfaat untuk membuat strategi hashtag untuk Brand kamu jika kamu ingin mengembangkan akunmu.

2. Manfaatkan Fitur Stories
Instagram Stories ini berbeda dengan konten di Instagram pada umumnya. Stories hanya bertahan selama 24 jam saja dan posisi stories juga berada di atas feed kamu. Stories mempunyai banyak manfaat bagi bisnis dan juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan jenis konten lainnya. Instagram stories adalah cara sempurna untuk menampilkan merek, bisnis, dan produk kamu kepada audiens yang sudah terlibat dengan beragam fitur, seperti swipe up, highlights, polling, QnA dan lainnya. Tercatat 75% pengguna Instagram mengunjungi situs web merek atau melakukan pembelian, setelah melihat iklan Instagram.

3. Rencanakan Feed Instagram Kamu Secara Visual
Konten yang Anda posting di feed Instagram harus cocok dengan brand dan di saat yang sama juga bisa diterima dengan baik oleh follower. Oleh karena itu, Anda harus tahu jenis konten apa yang harus diposting di sana. Jika Kamu ingin mengubah pemirsa kamu menjadi pengikut, menyisihkan waktu untuk merencanakan umpan Instagram Kamu sebelumnya adalah ide yang bagus.

4. Live Instagram
Untuk meningkatkan engagement, kamu bisa mencoba melakukan siaran langsung di Instagram. Apalagi berdasarkan penelitian livestream, 80% orang lebih memilih menonton siaran langsung dari brand tertentu daripada membaca artikel di blog. Luar biasa, bukan? Instagram live memungkinkan kamu terhubung dengan audiens secara langsung, transparan, dan otentik. Ini adalah saluran luar biasa untuk mendorong pengikut baru, keterlibatan, dan bahkan menjual produk. Saat kamu siaran langsung posisi stories kamu juga berubah menjadi yang terdepan dibandingkan stories lainnya. Jadi, live Instagram benar-benar akan menjadi hal pertama yang follower lihat saat membuka Instagram.

Setelah membaca tulisan ini apakah kamu menjadi lebih paham untuk memperkuat pengalaman pelanggan melalui instagram? Semoga setelah membaca ini kamu dapat langsung menerapkan dan bisnis kamu menjadi lebih baik!

Written by: Nabila Zumarnis

Sumber Referensi:

Haikal, M. M. (2020). Strategi Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba di 2021 [Terlengkap]. Niagahoster. Retrieved from https://www.niagahoster.co.id/blog/instagram-marketing/

Kapoor, N. (2021, April 21). 4 Cara untuk Memperkuat Pengalaman Pelanggan Anda di Instagram pada tahun 2021 [Infografis]. Social Media Today. Retrieved from https://www.socialmediatoday.com/news/4-ways-to-amplify-your-customer-experience-on-instagram-in-2021-infographi/598993/