Dalam sebuah makalah tahun 1943 berjudul “A Theory of Human Motivation,” psikolog Amerika Abraham Maslow berteori bahwa pengambilan keputusan manusia ditopang oleh hierarki kebutuhan psikologis. Dalam makalah awalnya dan buku 1954 berikutnya berjudul Motivasi dan Kepribadian, Maslow mengusulkan bahwa lima kebutuhan inti menjadi dasar motivasi perilaku manusia.

Lalu Apa sih itu Hierarki Kebutuhan Maslow?

Hierarki kebutuhan Maslow merupakan sebuah teori motivasi yang menyatakan bahwa lima kategori kebutuhan manusia menentukan perilaku individu. Kebutuhan tersebut adalah kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan cinta dan memiliki, kebutuhan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri. Teori Maslow menyajikan hierarki kebutuhannya dalam bentuk piramida, dengan kebutuhan dasar di bagian bawah piramida dan kebutuhan tidak berwujud tingkat tinggi di bagian atas. Seseorang hanya dapat melanjutkan untuk memenuhi kebutuhan tingkat yang lebih tinggi ketika kebutuhan dasar mereka terpenuhi secara memadai. Nah, berikut 5 tingkat Hierarki kebutuhan Maslow:

1. Phsiological Needs: Kebutuhan hidup manusia yang paling mendasar ini mencakup makanan dan air, istirahat yang cukup, pakaian dan tempat tinggal, kesehatan secara keseluruhan, dan reproduksi. Maslow menyatakan bahwa kebutuhan fisiologis dasar ini harus dipenuhi sebelum manusia bergerak ke tingkat pemenuhan berikutnya.

2. Safety Need: Kebutuhan tingkat bawah berikutnya adalah keamanan. Kebutuhan keselamatan mencakup perlindungan dari kekerasan dan pencurian, stabilitas dan kesejahteraan emosional, keamanan kesehatan, dan keamanan finansial.

3. Belongingness and Love: Kebutuhan sosial pada tingkat ketiga dari hierarki Maslow berhubungan dengan interaksi manusia dan merupakan yang terakhir dari apa yang disebut kebutuhan yang lebih rendah. Di antara kebutuhan ini adalah persahabatan dan ikatan keluarga, baik dengan keluarga biologis (orang tua, saudara kandung, anak) dan keluarga pilihan (pasangan). Keintiman fisik dan emosional mulai dari hubungan seksual hingga ikatan emosional yang intim penting untuk mencapai rasa kekeluargaan yang tinggi. Selain itu, keanggotaan dalam kelompok sosial berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan ini, mulai dari menjadi anggota tim rekan kerja hingga membentuk identitas dalam serikat, klub, atau kelompok yang memiliki hobi yang sama.

4. Esteem Need: Kebutuhan yang lebih tinggi, dimulai dengan harga diri, adalah kebutuhan yang didorong oleh ego. Elemen utama dari penghargaan adalah harga diri (keyakinan bahwa kita berharga dan pantas mendapatkan martabat) dan harga diri (keyakinan pada potensi Kamu untuk pertumbuhan dan pencapaian pribadi). Maslow secara khusus mencatat bahwa harga diri dapat dibagi menjadi dua jenis: harga diri yang didasarkan pada rasa hormat dan pengakuan dari orang lain, dan harga diri yang didasarkan pada penilaian diri Kamu sendiri. Kepercayaan diri dan kemandirian berasal dari jenis harga diri yang terakhir ini.

5. Self Actualization Need: Aktualisasi diri menggambarkan pemenuhan potensi penuh sebagai pribadi. Terkadang disebut sebagai kebutuhan pemenuhan diri, kebutuhan aktualisasi diri menempati tempat tertinggi di piramida Maslow. Kebutuhan aktualisasi diri meliputi pendidikan, pengembangan keterampilan, pemurnian bakat di berbagai bidang seperti musik, atletik, desain, memasak, dan berkebun. Serta merawat orang lain, dan tujuan yang lebih luas seperti belajar bahasa baru, bepergian ke tempat baru, dan memenangkan penghargaan.

Dengan mengetahui dan memahami kebutuhan keinginan dan setiap kebutuhan manusia, diharapkan para Founders dapat menyesuaikan bisnis kamu dari setiap kebutuhan manusia.

Written by: Nabila Zumarnis

Sumber Referensi:

Class, M. (2020, November 8). A Guide to the 5 Levels of Maslow’s Hierarchy of Needs. Masterclass.Com. Retrieved from https://www.masterclass.com/articles/a-guide-to-the-5-levels-of-maslows-hierarchy-of-needs#what-are-the-5-levels-of-maslows-hierarchy-of-needs

Startup, T. (2021, April 9). 5 Tingkat Maslow’s Hierarchy of Needs. Temanstartup.Com. Retrieved from https://temanstartup.com/5-tingkat-maslows-hierarchy-of-needs/