Sebagai fresh graduate, banyak orang yang ingin bekerja di perusahaan rintisan atau startup. Hal ini dilatar belakangi karena berbagai alasan, salah satunya yaitu eksistensi startup di kalangan mahasiswa terbilang keren, apalagi jika kita berhasil bekerja di startup besar Indonesia, seperti Tokopedia, Traveloka, Gojek, Shopee dan lainnya. Namun, ternyata terdapat juga beberapa alasan kenapa fresh graduate lebih baik bekerja di startup, diantaranya yaitu:

1. Pengalaman
Banyak dari mahasiswa tidak hanya ingin bekerja di startup tapi juga ingin membangun startup. Sayangnya, ide yang dimiliki fresh graduate saja tidak cukup. Fresh graduate perlu memiliki pengalaman untuk dapat membangun startup. Darlene Johnson, seorang penasihat karier dari Hofstra University Career Center mengatakan bahwa bekerja untuk perusahaan startup memberikan kesempatan untuk karyawannya melihat bisnis yang dibangun dari bawah sekali. Johnson percaya lingkungan kerja startup sangat cocok untuk mengajarkan lulusan baru bagaimana memulai proses bisnis dari A sampai Z. Hal yang mungkin sulit kamu dapat saat bekerja di perusahaan yang sudah bonafit.

2. Lingkungan Penuh Inovasi
Startup memiliki budaya yang sangat terbuka terhadap inovasi dan temuan baru yang bahkan belum terpikirkan oleh atasanmu di kantor. Semakin gila, bisa jadi semakin menarik untuk dicoba. Hal ini menjadi masuk akal karena rencana bisnis startup yang selalu berkembang dan tidak bisa bertahan pada satu momentum dan sistem saja.

3. Kekinian
Startup diharapkan harus selalu memiliki inovasi demi memenuhi kebutuhan konsumen yang seringkali berubah seiring perkembangan zaman. Hal ini akan membuat kamu terus update terhadap banyak hal, mulai dari ide bisnis, minat konsumen, pengembangan diri untuk dapat bertahan, bahkan diharapkan update tentang banyak hal lainnya juga. Hal ini pula lah yang menjadi alasan perusahaan startup memiliki dekorasi kantor yang menarik sesuai dengan selera anak muda zaman sekarang.

4. Definisi Kepuasan yang Terus Berkembang
Jika bekerja di startup, kesuksesan versi startup tersebut tidak hanya sebatas target bulanan, tahunan, pribadi dan divisi, namun sangat luas dan terus berkembang definisinya. Seiring dengan peningkatan pemakaian dari pengguna, startup akan terus berinovasi dan tidak jarang menerapkan ide super kreatif yang belum pernah dicoba perusahaan skala besar sekalipun. Bagi kamu yang mudah puas, bekerja di startup akan memberi sensasi berbeda dan pandangan baru karena kepuasannya tidak akan berhenti di satu titik saja.

4 alasan yang terdapat pada tulisan diatas, dapat menjadi bahan pertimbangan untuk kamu mencari tahu lebih banyak soal startup sebelum memutuskan untuk mengirim lamaran pekerjaan ke berbagai kantor startup di Indonesia. Walaupun kamu masih fresh graduate semoga kamu bisa menemukan jenis perusahaan yang tepat sesuai karakter dan cita-cita kamu, ya! Semangat!

Written by: Nabila Zumarnis

Sumber Referensi:

Napitupulu, S. (2018). 7 Alasan Kamu perlu Kerja di Startup Minimal Sekali Seumur Hidup. Glints. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/alasan-kerja-di-startup/#.YIWbmJAzbIU

Pininta Kasih, A. (2020). 5 Alasan Bekerja di Perusahaan Startup saat Lulus Kuliah. Kompas.Com. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/29/19254171/5-alasan-bekerja-di-perusahaan-startup-saat-lulus-kuliah?page=all