Banyak dari para milenials saat ini ingin membangun bisnis Startup. Sehingga pada saat ini, Startup menjadi bisnis yang ramai digandrungi. Kita dapat menyaksikan sendiri betapa hebatnya perusahaan-perusahaan startup dalam mengembangkan pasarnya. Di Indonesia saja kita dapat berkaca dari Startup besar, seperti Gojek, Traveloka dan Tokopedia. Namun, ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis startup. Nah, salah satunya adalah faktor yang tak kasat mata berupa karakter yang dimiliki oleh sang founder dari usaha startup. Lalu apa saja karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang founder tersebut? Berikut penjelasannya dibawah ini.

Visioner dan Mengikuti Perubahan

Jika kamu tipikal orang yang memiliki rasa ingin tau yang luas terhadap berbagai hal, menyukai dan dapat mengikuti perkembangan, serta mudah menyerap pengetahuan terkini artinya kamu memiliki salah satu karakter dari founder startup. Dan pada dasarnya bisnis startup merupakan suatu bisnis yang penuh teka-teki. Hal tersebut dikarenakan bisnis startup menawarkan solusi-solusi baru berupa produk atau jasa yang tidak otomatis langsung mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Wawasan Luas dan Berpengalaman

Usaha startup adalah jenis usaha dengan resiko yang tinggi. Modal yang diinvestasikan pun tidak langsung dapat kembali dalam rentang waktu satu atau dua tahun. Selain terkait permasalahan modal tersebut, pengalaman pun menjadi suatu nilai yang tinggi. Pasalnya dewasa ini, banyak dari kalangan mahasiswa yang muncul dengan ide-ide brilian dan menarik yang berhasil menjadi founder startup. Namun, dari data yang ada jumlah tersebut, yang berhasil lepas landas, masih tergolong kecil jumlahnya. Hal ini membuktikan untuk menjadi founder yang baik Anda wajib memiliki latar belakang pendidikan yang cukup serta pengalaman kerja.

Fokus dan Cerdik

Kemampuan untuk fokus pada satu hal bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebagai founder startup, seseorang akan dihadapkan pada banyak hal yang menuntut perhatiannya. Diantara hal-hal tersebut, ada yang pantas dikerjakan, ada yang semestinya didelegasikan, dan ada yang hanya menjadi distraksi semata. Untuk itu, ketika kamu cerdik bisa melihat peluang yang ada dan mengolahnya menjadi suatu potensi atau ide yang kemudian dapat kamu terapkan pada usaha yang kamu miliki. Dalam hal ini adalah kemampuan kamu untuk bisa mengimplementasikan berbagai kemungkinan dengan cepat dan tepat tentunya.

Rendah Hati dan Mudah Bergaul

Dalam menjalankan usahanya, seorang founder startup akan berurusan dengan banyak orang, baik itu karyawan, co-founder lain, atau investor. Memiliki sifat rendah hati menjadikan founder startup terbuka dengan pemikiran orang-orang tersebut. Serta, founder yang memiliki sifat rendah hati biasanya selalu mencari masukan dan kritik dari orang lain untuk usaha startup nya menjadi lebih baik. Dan tentunya sebagai seorang fouder startup kamu diharapkan mudah untuk bekerja sama dan memiliki rasa toleransi. Dengan demikian, ketika kamu dihadapkan pada kondisi dan situasi yang sulit dan tekanan yang tinggi, kamu mampu untuk bersikap tenang, adil, dan bijaksana menghadapi tantangan yang ada.

Jadi, dari poin-poin karakteristik seorang founder startup, poin mana nih yang paling cocok dengan kamu? Hmm atau malah seluruh poinnya cocok dengan kamu? Wah selamat! Semoga kamu adalah calon founder Startup terbesar di Indonesia selanjutnya!

Written by Nabila Zumarnis

Sumber Referensi:

Haris Hogan. (2019, 8 April). 5 Karakter Unggul yang Harus Dimiliki Founder Startup. Mebiso.com. https://mebiso.com/sifat-karakter-founder-startup/

Yenny Yusra. (2016, 15 Juli). Empat Karakter Pendiri Startup yang Wajib Dimiliki. DailySocialid. https://dailysocial.id/post/empat-karakter-pendiri-startup-yang-wajib-dimiliki