[Photo Source: Sebastian Herrmann on Unsplash]

Dalam membangun bisnis, startup tidak bisa hanya mengandalkan keuangan internal. Bantuan dana dari investor pasti akan sangat berguna untuk mengembangkan bisnis kamu menjadi lebih besar. Namun, tentu saja dibutuhkan usaha yang tidak mudah untuk berhasil mendapatkan pendanaan dari mereka.

Ide yang unik memang bisa menarik perhatian investor, namun satu hal yang menjadi tujuan mereka berinvestasi pada bisnis kamu adalah mendapatkan laba atas investasi atau Return on Investment (ROI). Setidaknya terdapat enam hal penting yang harus kamu siapkan terlebih dahulu sebelum presentasi di hadapan investor. Mengutip dari Feedough, enam hal inilah yang dilihat investor dari sebuah bisnis startup sebelum memutuskan untuk berinvestasi, diantaranya:

1. Model dan rencana bisnis yang ditetapkan dengan baik
Model bisnis adalah konsep yang memperlihatkan bagaimana bisnis nanti akan dijalankan dan menghasilkan uang. Investor menginginkan startup yang telah memiliki model bisnis yang lengkap, kredibel, dan matang. Dengan begitu, tidak ada keraguan bagi mereka untuk berinvestasi pada bisnis kamu.

Selain merancang model bisnis, kamu perlu untuk membuktikan bahwa model bisnis kamu bisa dieksukusi. Untuk memvasilidasi model bisnis, kamu perlu menjelaskan tentang riset pasar, validasi ide, membangun dan memvalidasi prototipe, hingga menguji model di sample market.

Tidak hanya model bisnis, rencana bisnis juga perlu kamu siapkan. Investor hanya menginginkan startup yang telah memiliki rencana yang memuat tujuan dan strategi yang jelas. Dengan begitu, investor mampu memperkirakan seberapa cepat bisnis startup kamu akan tumbuh dan apakah kamu dapat mempertahankannya dalam jangka pendek atau panjang.

2. Kapabilitas dan pengalaman tim
Aspek ini tentu harus diperhatikan betul. Investor percaya bahwa resiko yang akan mereka hadapi akan lebih kecil apabila tim kamu memiliki kemampuan dan hubungan yang baik. Pengalaman tim juga diperhatikan di sini. Setiap anggota tim harus memiliki keahlian yang mumpuni dalam bidang yang ia tangani. Tidak hanya pendidikan maupun pengalaman, investor juga akan mengulik tentang masalah personal founder startup. Baik kapabilitas dan pengalaman tim, keduanya akan menjadi pertimbangan penting bagi investor sebelum mempercayakan uangnya ke sebuah startup.

3. Pasar
Investor menginginkan bisnis startup yang memiliki potensi pertumbuhan ukuran pasar yang luas. Semakin luas ukuran pasar yang kamu miliki, investor bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dengan begitu, ukuran pasar menjadi aspek penting yang harus kamu persiapkan. Dalam hal ini, investor sering menanyakan tentang jumlah pengguna, partner, Gross Merchandise Volume (GMV), dll, tergantung jenis industrinya.

4. Tingkat traksi komersial
Investor lebih menginginkan bukti seberapa tinggi permintaan pasar. Apabila kamu mampu memberikannya, investor akan beranggapan bahwa kamu telah mengambil tindakan untuk membangun ide bisnis. Apabila perkembangan bisnis kamu dari bulan ke bulan (MoM) atau tahun ke tahun (YoY) berjalan stabil, maka itu bisa menjadi bukti bahwa startup kamu berbeda dan bisa bertahan menghadapi persaingan.

5. Faktor X
Terlepas dari empat aspek di atas, faktor X bisa sangat menentukan keputusan investor. Faktor X tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari bagaimana kesan yang kamu dan timmu ciptakan, latar belakang pendidikan yang mungkin sama, bahkan insting mampu mendorong investor untuk mempercayakan uangnya pada startup kamu. Dengan begitu, cara terbaik yang bisa kamu siapkan adalah kenali siapa investor yang akan kamu hadapi, bersikap jujur dan percaya dirilah.

6. Exit Strategy
Istilah ‘Exit’ di sini mengacu pada uang. Kamu perlu menjelaskan bagaimana nantinya startup kamu menghasilkan uang dan investor mendapatkan uangnya. Pengembalian uang investasi disediakan melalui ‘pintu keluar’. Seringnya, keluarnya investor terjadi dengan dua cara. Pertama, perusahaan lebih besar telah mengakuisisi startup. Kedua, startup berkembang dengan baik untuk menjual saham ke publik.

Keenam faktor di atas sangat memengaruhi keputusan investor. Mendapatkan pendanaan dari investor akan sangat membantu startup kamu berkembang dan bersaing di pasaran. Pastikan keenam aspek tersebut disiapkan dengan baik untuk membuat investor tertarik menginvestasikan uangnya pada bisnis kamu.

 

Written by Rimaya Akhadiyah

Sumber Referensi:

Rachmatunnisa. (2019, October 3). 7 Hal yang Sering Ditanyakan Investor pada Founder Startup . Detikinet. Retrieved April 4, 2021, from inet.detik.com/cyberlife/d-4731952/7-hal-yang-sering-ditanyakan-investor-pada-founder-startup

Sydeek, R. M. (2020, July 24). What Do Investors Look For In A Startup? . Feedough. Retrieved April 4, 2021, from www.feedough.com/what-do-investors-look-for-in-a-startup/?amp