[Image Source: Gabrielle Henderson on Unsplash]

 

Sudah bukan menjadi rahasia umum apabila sekarang Instagram dijadikan sebagai digital marketing platform. Mengutip dari Katadata, pengguna aktif Instagram secara global telah mencapai angka satu miliar pengguna selama sebulan. Dari angka tersebut, 25 juta pengguna merupakan profil bisnis dan dua juta pengguna adalah pengiklan secara global. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan jumlah profil bisnis terbanyak di Asia Pasifik.

Seiring waktu, tentu persaingan bisnis di Instagram semakin ketat. Kamu perlu menggunakan salah satu strategi digital marketing, yaitu Search Engine Optimization (SEO). Teknik SEO tidak hanya dapat digunakan untuk website, namun juga bisa diterapkan pada Instagram. Selayaknya di website, manfaat penerapan SEO pada Instagram mampu meningkatkan jumlah kunjungan profil yang secara tidak langsung meningkatkan brand awareness hingga penjualan.

Mengutip dari Glints, berikut cara-cara yang bisa kamu ikuti untuk optimasi SEO di Instagram, diantaranya:

1. Optimalkan Profil Instagram
Ibarat sampul buku, profil Instagram menjadi aspek penting yang akan menentukan kesan pertama di benak pengguna. Kamu perlu mengoptimalkan beberapa hal yang ada pada profil Instagram, diantaranya.

  • Pastikan akun Instagram tidak diprivasi dan bisa diakses oleh semua orang. Langkah ini tentu akan mempermudah mereka yang ingin mencari tahu lebih dalam tentang brand-mu.
  • Pilih foto profil yang menarik. Pastikan unsur visual yang ada sesuai dengan identitas brand kamu. Buat nama pengguna yang mudah dikenali dan mudah dicari.
  • Jangan sampai kamu membuat nama pengguna yang rumit dan susah diingat.
  • Jadikan akun brand-mu sebagai akun bisnis Instagram. Langkah ini penting dilakukan untuk memaksimalkan strategi promosi, sebab akun bisnis mampu menarik jumlah audience lebih banyak dibanding akun pribadi.
  • Cantumkan link yang relevan di bio Instagram. Apabila bisnis kamu memiliki beberapa marketing platform selain Instagram, langkah ini harus kamu ikuti untuk mempermudah mereka yang tertarik terhubung dengan brand-mu. Gunakan link tools Instagram yang mampu menempatkan banyak link dalam satu laman, seperti Linktree, Biolinky, hingga Linkin.bio.

2. Sertakan Kata Kunci pada Beberapa Fitur Instagram

Kata kunci memegang peranan penting dalam mengoptimasikan SEO pada Instagram. Fitur Instagram yang perlu menggunakan kata kunci di sini, diantaranya display name, username, bio Instagram, hashtag, dan caption.

  • Pertama, gunakan kata kunci utama pada display name dan username. Selayaknya Google, akun bisnismu juga bisa ditemukan di jejeran atas pada mesin pencarian Instagram apabila kamu menggunakan kata kunci yang tepat pada display name dan username. Pengguna yang masih belum menentukan pilihan brand akan cenderung menggunakan kata kunci pada mesin pencarian dibanding mencari langsung akun tertentu.
    Semisal, pengguna butuh membeli perabotan rumah, maka umumnya dia akan mengetikkan kata kunci “furniture” untuk mencari akun bisnis yang akan menjawab kebutuhannya. Maka, pastikan kamu menggunakan kata kunci yang sesuai dengan brand-mu pada display name dan username. Dengan begitu, pengguna bisa menjumpai akun bisnismu di jejeran atas.
  • Kedua, gunakan kata kunci turunan pada bio Instagram. Selain kata kunci utama, kamu perlu menggunakan kata kunci turunan pada bio yang berhubungan dengan kata kunci utama. Apabila kamu menggunakan kata kunci utama “furniture”, maka kamu bisa menggunakan kata kunci turunan serupa “meja”, “lemari”, “kursi”, dll.
  • Ketiga, gunakan kata kunci pada hashtag. Bagi pemilik bisnis, hashtag bisa menjadi salah satu strategi untuk menancapkan brand awareness pada benak seseorang. Sedangkan pada pengguna, hashtag menjadi fitur Instagram yang memudahkan mereka menemukan sesuatu yang dibutuhkan. Hal inilah yang perlu menjadi perhatianmu. Gunakan kata kunci yang relevan dan paling banyak digunakan pada hashtag postinganmu. Tentu saja hashtag yang kamu gunakan harus sesuai dengan postingan. Masih pada bisnis furniture, kamu bisa menggunakan beberapa contoh hashtag, seperti “#mejakayu”, “sofaretro”, “kursicafe”, dsb.
  • Keempat, gunakan kata kunci pada caption Ibarat sepatu dan kaus kaki, unsur visual pada postingan akan menjadi semakin menarik apabila caption yang menyertainya disusun dengan apik. Gunakan copywriting pada caption yang mampu mempersuasi pengguna. Tentu saja, jangan lupakan kata kunci. Di sini, kata kunci pada caption mampu memaksimalkan potingan kamu agar mudah ditemukan oleh pengguna.

 

3. Gunakan Alt Text
Meskipun alt text diciptakan untuk membantu pengguna tunanetra dalam meningkatkan pengalamannya menggunakan Instagram, namun fitur ini rupanya bisa dimanfaatkan untuk mengoptimasikan SEO. Selayaknya website, alt text juga memungkinkan kamu menambahkan teks penjelasan pada postingan gambar. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan peringkat algoritma Instagram.

Melalui image recognition, Instagram mampu menghubungkan postingan pada pengguna yang menyukai konten serupa. Cara menggunakan alt text sangat mudah. Pertama, buatlah postingan seperti biasa. Saat akan menuliskan caption, klik tab Advanced Settings dan pilih Write Alt Text.

 

4. Pantau Analitik Instagram
Setelah melakukan beberapa cara optimasi SEO di atas, jangan lupa untuk memantau perkembangan dari akun bisnis. Kamu bisa tahu apakah optimasi SEO berhasil meningkatkan engagement rate atau tidak. Pada akun bisnis Instagram, terdapat fitur analitik yang dapat digunakan untuk memantau perkembangan akun. Dengan mendapatkan data dari analitik Instagram, kamu bisa menyusun dan menyesuaikan strategi pemasaran yang tepat untuk memaksimalkan promosi bisnis kamu.

 

Itulah cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimasikan SEO pada Instagram. Pastikan untuk menggunakannya dengan cara yang benar. Hindari penggunaan cara curang, seperti menggunakan bots, membeli followers, hingga mencuri konten.

Written by Rimaya Akhadiyah 

Sumber Referensi:

Annur, C. M. (2019, March 6). Bukan Media Sosial Biasa, Instagram Kini Jadi Platform Bisnis. Katadata.co.id. Retrieved April 5, 2021, from https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a552132151/bukan-media-sosial-biasa-instagram-kini-jadi-platform-bisnis

Handayani, M. T. (2020, November 25). Tips menerapkan teknik SEO Instagram yang tepat . Ekrut Media. Retrieved April 5, 2021, from https://www.ekrut.com/media/seo-instagram

Trias, I. (2021, March 18). 7 Cara Mudah Melakukan Optimasi SEO pada Instagram . Glints. Retrieved April 5, 2021, from https://glints.com/id/lowongan/optimasi-instagram/#.YGsCU6kxc0M