[Image Source: nimble.com]

Di dunia bisnis, komunikasi memainkan peran penting dalam membangun strategi marketing yang baik. Ada saat dimana seorang pelanggan pastinya memiliki sebuah permintaan dan pertanyaan yang perlu kamu jawab. Seorang customer service memainkan peran penting dalam hal ini. Namun, apa yang terjadi bila bisnis kamu mendapatkan banyak pertanyaan dan permintaan dalam satu waktu yang sama? Tentu saja dibutuhkan banyak customer service untuk merespon kebutuhan pelanggan. Akan jadi masalah apabila bisnis yang kamu jalankan masih memiliki modal yang tidak banyak. Maka, teknologi Chatbot yang bisnis kamu butuhkan.

Chatbot adalah platform interaktif berbasis AI (Artificial Intelligence) yang dapat melakukan komunikasi dua arah selayaknya peran customer service dalam dunia bisnis. Komunikasi yang dilakukan pun bisa berupa teks maupun suara yang dapat diimplementasikan pada website maupun aplikasi serupa Facebook, WhatsApp, dsb. Dengan berbasis AI dan robot internet, Chatbot mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dari pelanggan dalam waktu yang cepat.

Dalam beberapa tahun terakhir, industri Chatbot pun mengalami perkembangan pesat. Mengutip dari Forbes, di tahun 2016 pasar Chatbot bernilai $ 190,8 juta dan diperkirakan meningkat menjadi $ 1,25 miliar di tahun 2025. Bahkan berdasarkan survei Oracle, di tahun 2020 sekitar 80% pebisnis di dunia berencana untuk memanfaatkan teknologi ini.

Melihat fakta tersebut, pertanyaannya adalah apa saja manfaat yang bisa diberikan Chatbot untuk membangun bisnis kamu? Berikut penjelasannya.

1. Menghemat biaya operasional perusahaan
Dengan keunggulan yang dimiliki oleh Chatbot dalam membantu menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan tepat, maka bisnis kamu tidak perlu membutuhkan tenaga customer service dalam jumlah yang banyak. Sehingga, pengeluaran atau biaya operasional perusahaan pun bisa dihemat dan dialihkan kepada urusan yang lebih krusial. Fakta ini didukung oleh riset Forrester Consulting yang mengatakan bahwa teknologi ini mampu menekan biaya pengeluaran untuk tenaga customer service hingga di angka 30%.

2. Menciptakan customer experiences yang baik
Mengutip dari Chatbot Survey yang dilakukan oleh Ubisend di tahun 2017, sebesar 69% pelanggan memilih untuk mendapatkan respon yang cepat dari perusahaan dan 21% mengatakan bahwa Chatbot merupakan cara yang mudah untuk bisa terhubung dengan perusahaan. Dengan hadir 24 jam dalam sehari, Chatbot dinilai dapat meningkatkan customer experiences dengan membangun komunikasi yang dapat membantu menjawab kebutuhan pelanggan.

3. Menjadi lead generation strategy
Lead generation adalah strategi digital marketing yang mampu menghasilkan konversi dari pengunjung yang datang ke website bisnis kamu. Dengan teknologi Chatbot, kamu bisa mengumpulkan data pengunjung website, seperti alamat e-mail, nomor telepon, dll. Setelah itu, pengunjung website bisnis kamu bisa dipetakan untuk tahu mana yang benar-benar berpotensi menjadi pembeli hingga untuk mengetahui produk apa saja yang disukai dan tidak disukai. Dengan begitu, kamu bisa menentukan strategi marketing yang tepat.

4. Meningkatkan jumlah penjualan
Manfaat terakhir ini adalah imbas dari tiga manfaat di atas. Apabila pelanggan sudah terpuaskan dengan pengalamannya menggunakan teknologi Chatbot yang kamu hadirkan, maka besar kemungkinan jumlah penjualan bisnis kamu akan meningkat. Mengutip dari Forrester Consulting, teknologi ini mampu membantu memperoleh hasil investasi hingga di angka 305%.

Jadi tunggu apa lagi? Tingkatkan level bisnismu menjadi lebih baik dengan dibantu teknologi Chatbot. Untuk mulai menggunakannya, kamu bisa memanfaatkan sejumlah platform chatbot builder, seperti vutura, kata.ai, Chatbot, MobileMonkey, Engati, dll.

 

(Written by Rimaya Akhadiyah)

Sumber Referensi:

Insider Intelligence. (2016, December 14). 80% of businesses want chatbots by 2020. Retrieved March 20, 2021, from Business Insider website: https://www.businessinsider.com/80-of-businesses-want-chatbots-by-2020-2016-12?r=US&IR=T

Ningtyas, Sekar. (2020, April 15). Mengenal Chatbot: Robot Virtual yang Penting untuk Bisnis Digital. Retrieved March 25, 2021, from Niagahoster Blog website: https://www.niagahoster.co.id/blog/chatbot-adalah/#Berbagai_Platform_Chatbot_Terbaik_yang_Bisa_Anda_Gunakan

Vela, G. (2019, April 10). Council Post: Supercharging Your Business With Chatbots. Forbes. Retrieved March 20, 2021, from https://www.forbes.com/sites/forbesagencycouncil/2019/04/10/supercharging-your-business-with-chatbots/?sh=44eb33ab7b8e

Withey, Dean. (2017). 2017 Chatbot Survey. Ubisend. Retrieved March 20, 2021, from https://www.ubisend.com/insights/2017-chatbot-report#post-hero