(Photo source: jawapos.com)

Di era yang serba modern, tidak heran jika pengguna Internet memanfaatkan sosial media untuk melakukan komunikasi. Salah satu bentuk sosial media yang paling sering digunakan oleh pengguna Internet adalah aplikasi chatting, seperti Whatsapp dan LINE. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa Whatsapp dan Line merupakan dua aplikasi chatting terbesar di dunia. Bahkan, masyarakat Indonesia juga cenderung menggunakan kedua aplikasi tersebut untuk melakukan komunikasi.

Walaupun Whatsapp dan LINE mendominasi pengguna Internet di Indonesia, namun hal tersebut dirasa tidak membuat anak muda Indonesia gentar. Seorang pemuda asal Jakarta, Reza Akhmad Gandara, telah membuktikan hal tersebut. Melalui aplikasi yang dibentuk olehnya, Reza menunjukkan bahwa anak muda Indonesia memiliki talenta yang tidak dapat dianggap remeh. Bahkan, keberanian Reza untuk menyaingi platform Whatsapp dan Line tertuang di dalam slogannya, yaitu ‘Berani Mulai’. Pada dasarnya, aplikasi yang dibentuk oleh Reza merupakan aplikasi berbasis pesan instan, yaitu ChatAja. Namun, Reza tidak sendiri dalam menciptakan aplikasi ini. Pasalnya, Reza menciptakan aplikasi ini bersama salah satu koleganya, yaitu Iskandar Suhaimi. Penasaran seperti apa fitur dan kelebihan dari aplikasi ChatAja? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Kaya Akan Fitur
Aplikasi ChatAja pada dasarnya memang ditujukan untuk kaum milenial di Indonesia. Sebagaimana yang kita tahu, kaum milenial cenderung gemar mengikuti tren yang sedang naik daun. Selain itu, kaum milenial juga dinilai memiliki banyak kebutuhan yang sulit untuk dipenuhi. Namun, aplikasi ChatAja berhasil memenuhi semua kebutuhan kaum milenial di Indonesia. Aplikasi ChatAja tidak hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan kepada sesama, namun lebih dari itu. Aplikasi ChatAja menawarkan berbagai fitur unik yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain, sehingga pengguna bisa mendapatkan digital lifestyle. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas lain, seperti curhat psikologi, konsultasi karir, bermain game, membaca berita, hingga memesan tiket liburan secara online. Semua hal tersebut dapat kamu temukan pada bagian fitur Jelajah.

Selain itu, aplikasi ChatAja juga memiliki beberapa fitur keamanan. Hal tersebut ditujukan untuk pengguna yang mengutamakan keamanan data. Sampai saat ini, terdapat 2 fitur kemanan yang terdapat di aplikasi ini, yaitu Berkas Rahasia dan Cloud Native. Secara singkat, fitur Berkas Rahasia akan menjamin keamanan file yang kamu kirim kepada orang lain. Bagaimana cara menjamin keamanan file tersebut? Tenang saja, sistem yang diterapkan oleh fitur ini adalah sistem kode verifikasi. Maka dari itu, penerima dapat membuka file tersebut jika hanya mendapatkan kode verifikasi. Jika penerima tidak mendapatkan kode verifikasi, maka file tersebut tidak dapat diakses.

Fitur Cloud Native juga tidak kalah menariknya. Pasalnya, fitur ini dapat membantu kamu untuk menghemat memori smartphone kesayanganmu. Secara sederhana, fitur ini ditujukan untuk menyimpan berkas dan riwayat percakapanmu secara awan (cloud). Adapun fitur ini membuat smartphone kesayanganmu tidak perlu untuk melakukan back up data secara terus-menerus.

Dapat Berekspresi Secara Bebas Melalui Stiker
Seperti halnya ketika kamu mengirim stiker di LINE dan Whatsapp, kamu juga dapat mengirim striker kepada sesama menggunakan aplikasi ini. Lalu, apa yang membedakan aplikasi ChatAja dengan LINE dan Whatsapp? Secara sederhana, kamu perlu membeli atau mengunduh stiker yang terdapat di aplikasi tersebut. Namun, berbeda dengan aplikasi ChatAja. Melalui aplikasi ChatAja, kamu tidak perlu repot untuk mengunduh atau membeli stiker. Hal tersebut lantaran stiker yang terdapat di aplikasi ChatAja sudah ada dengan sendirinya. Bagaimana, menarik bukan?

Bekerja Sama dengan Perusahaan Lokal, Korea Selatan, dan Vietnam
Reza dan tim telah melakukan berbagai kerja sama untuk mengembangkan dan mendukung fitur yang ada. Untuk mengembangkan fitur layanan berita, Reza dan tim telah berhasil menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan media terkemuka di Indonesia. Beberapa perusahaan media yang diketahui telah menjalin kerja sama ini antara lain Kompas, Uzone, Hipwee, dan Opini.id. Kerja sama ini ditujukan untuk mempermudah pengguna ketika ingin membaca berita secara online. Selain itu, kerja sama ini juga telah dipertimbangkan secara matang untuk menjamin kredibilitas berita yang akan disajikan nantinya.

Setelah berhasil bekerja sama dengan perusahaan lokal, Reza dan tim melaju ke tahap yang jauh lebih menakjubkan. Untuk terus mengembangkan fitur stiker yang dimiliki, aplikasi ChatAja telah bekerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan, yaitu Mojitok. Kerja sama dengan Mojitok inilah yang menjadikan pengguna aplikasi ChatAja dapat menggunakan fitur stiker tanpa harus mengunduh atau membeli. Tidak puas sampai di tahap itu, Reza dan tim juga menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Vietnam, yaitu Zookiz. Kerja sama dengan perusahaan asal Vietnam ini ditujukan untuk menambah pilihan stiker. Pada tahun 2020, diketahui bahwa jumlah stiker yang tersedia di aplikasi ChatAja telah mencapai 100 stiker.

Bagaimana, apakah menurutmu aplikasi ChatAja nantinya dapat bersaing di dunia internasional? Hingga kini, diketahui bahwa jumlah pengguna aplikasi ChatAja sudah mencapai 700 ribu pengguna dalam waktu singkat. Selain itu, kabar terbaru menyatakan bahwa aplikasi ChatAja kini memiliki fitur Tab Figur Publik. Fitur ini menjadikan pengguna dapat mengobrol dengan beberapa influencer dalam bentuk ChatBot AI, seperti Radiya Dika dan Rachel Vennya. Tertarik untuk mencobanya? Bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya, kamu dapat mengunduh aplikasi ini melalui Play Store atau App Store.

(Written by Adrianus Sukanto)

 

Referensi

Dahuri, D. (2020, Februari 17). ChatAja Aplikasi Pesan Percakapan Karya Indonesia. Retrieved from Media Indonesia: https://mediaindonesia.com/teknologi/290511/chataja-aplikasi-pesan-percakapan-karya-indonesia

Mengenal ChatAja, Aplikasi Chatting Karya Anak Bangsa Pesaing WhatsApp. (2020, Februari 17). Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/kumparantech/mengenal-chataja-aplikasi-chatting-karya-anak-bangsa-pesaing-whatsapp-1srKMCrLI3I/full

Putra, A. A. (2020, Februari 19). ChatAja: Aplikasi Chatting Asli Indonesia, Akan Jadi Pesaing WhatsApp? Retrieved from IDN Times: https://www.idntimes.com/tech/trend/alfonsus-adi-putra-alfonsus/chataja-aplikasi-chatting-asli-indonesia/3

Rahman, A. F. (2020, September 7). Baru Setahun, Aplikasi ChatAja Tembus 500 Ribu Pengguna. Retrieved from Inet Detik: https://inet.detik.com/mobile-apps/d-5162451/baru-setahun-aplikasi-chataja-tembus-500-ribu-pengguna