(Photo source: freepik.com/storyset)

Bagi kamu yang masih minim pengalaman di dunia bisnis, mungkin kamu akan berpikir bahwa merintis sebuah bisnis startup merupakan suatu hal yang rumit. Ketika mendengar kata bisnis startup, apa yang ada di benakmu? Modal, inovasi, atau strategi pemasaran? Tentu saja, ketika kamu ingin mendirikan sebuah bisnis startup, ketiga hal tersebut telah menjadi aspek penting yang mendorong perkembangan bisnismu. Namun, faktanya masih banyak bisnis startup yang sudah memiliki ketiga hal tersebut namun tetap mengalami kegagalan. Apa yang terjadi?

Sejatinya, banyak faktor yang dapat mengakibatkan bisnismu mengalami kegagalan. Ketika kamu merintis sebuah bisnis startup, tentu modal dan kreativitas saja tidak akan cukup. Selain itu, merintis bisnis startup juga tidak hanya sekadar menawarkan produk dan jasa kepada calon konsumen. Ketika kamu sudah memiliki tekad untuk merintis bisnis startup, kamu perlu menanamkan rasa percaya diri yang tinggi, tidak mudah menyerah, dan ilmu bisnis yang dapat diterapkan di dunia nyata.

Ketika kamu ingin merintis bisnis startup, kamu memang tidak boleh tergesa-gesa tanpa persiapan yang matang. Selain itu, kamu juga disarankan untuk memahami ilmu-ilmu bisnis terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan bisnismu. Untuk mempelajari ilmu bisnis, kamu dapat mempelajarinya melalui berbagai platform yang terdapat di Internet, salah satunya YouTube. Mempelajari ilmu bisnis memang dinilai lebih mudah ketika menggunakan YouTube jika dibandingkan dengan hanya membaca buku. Hal tersebut lantaran YouTube menampilkan konten yang berbentuk video dan seringkali informasi yang terdapat di konten tersebut berasal dari sumber yang lebih kredibel. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari ilmu bisnis dari beberapa content creator terkemuka yang ada di Indonesia maupun luar negeri, sehingga akan lebih mudah bagi kamu untuk memperluas wawasan. Maka dari itu, berikut 5 rekomendasi channel YouTube yang memberikan edukasi seputar bisnis startup!

1. Rico Huang


Channel yang satu ini dimiliki oleh co-founder DropshipAja.com, yaitu Rico Huang. Konten yang disajikan oleh Rico Huang cukup beragam, dimulai dari tips finansial, tips membangun usaha, hingga pelatihan tentang bisnis. Sejatinya, konten yang disajikan oleh Rico Huang cenderung membahas tips mengenai bisnis online yang kini banyak digemari oleh orang-orang. Namun, Rico Huang juga seringkali menyajikan konten yang cukup unik, yaitu konten motivasi untuk menjadi sukses. Bahkan, Rico Huang juga seringkali mengundang beberapa orang yang sukses di bidang bisnis, salah satunya adalah Donny Pramono. Konten yang satu ini akan cocok bagi kamu yang ingin membangun motivasi dan kepercayaan diri dalam menjalani bisnis.

2. SuccessBefore30


Channel ini sudah berhasil memiliki pengikut yang cukup banyak, yaitu sekitar 3,13 juta pengikut. Melihat jumlah pengikut yang tidak sedikit, rasanya kredibilitas channel ini tidak perlu diragukan lagi. Lebih lanjut, channel ini dikelola oleh seorang entrepreneur, traveller, sekaligus influencer, yaitu Chandra Putra Negara. Secara umum, channel ini lebih sering menyajikan tentang tips seputar dunia bisnis, dimulai dari perbedaan marketing dan selling, cara menghadapi konsumen, hingga kendala yang sering dialami oleh pebisnis pemula. Channel ini juga seringkali membahas bagaimana jika kamu ingin berkecimpung di dunia bisnis namun sebagai investor. Tidak hanya itu, tips seputar finansial juga kerap dibahas melalui channel ini. Channel ini dirasa akan cocok bagi kamu yang merupakan pebisnis pemula dan ingin mengetahui seluk beluk dunia bisnis.

3. Coach Hendra Hilman


Bagi kamu yang ingin mencari inspirasi mengenai tips strategi pemasaran di dunia bisnis, channel yang satu ini dapat menjadi salah satu opsi. Sama seperti channel lainnya, kredibilitas dan pengalaman dari Coach Hendra Hilman di bidang bisnis tidak dapat dipandang sebelah mata. Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diraih oleh Coach Hendra Hilman pada tahun 2013 hingga 2015 silam, seperti World’s TOP 100 dan Global Platinum Business Coach. Coach Hendra Hilman juga pernah menjadi pembicara di beberapa negara, seperti Australia, Beijing, Hong Kong, dan Amerika Serikat. Melalui kontennya, Coach Hendra Hilman membagikan berbagai ilmu mengenai strategi pemasaran dan pengembangan bisnis agar dapat bersaing di kancah nasional dan internasional.

4. This Week in Startups


Jika kamu memiliki ketertarikan pada pandangan dari pebisnis luar negeri, kamu dapat menikmati konten yang terdapat di channel ini. Menariknya, channel ini dimiliki oleh seorang entrepreneur sekaligus angel investor, yaitu Jason Calacanis. Terlebih, konten yang disajikan di channel ini sangat terfokus pada dunia startup. Bahkan, channel ini seringkali mengundang CEO dari berbagai perusahaan startup terkemuka. Untuk menambah keyakinanmu, Jason Calacanis juga beberapa kali diundang oleh CNBC untuk membahas seputar startup dan investasi.

5. TEDx Talks


Mungkin channel TEDx Talks sudah tidak asing lagi di telingamu. Dengan jumlah pengikut sebanyak 29,2 juta, rasanya sudah tidak heran jika konten yang disajikan oleh organisasi ini selalu ramai ditonton dan diperbincangkan oleh banyak orang. Konten yang terdapat di channel ini memang tidak selalu membahas mengenai bisnis. Namun, organisasi ini selalu berhasil menghadirkan pebisnis sukses untuk membahas mengenai dunia bisnis. Bahkan, tidak sedikit orang yang mendapatkan inovasi dan pandangan baru tentang dunia bisnis setelah menonton konten dari channel ini.

Itulah 5 rekomendasi channel YouTube yang dapat menginspirasimu dalam merintis sebuah bisnis. Selain 5 channel YouTube di atas, kamu juga dapat mengeksplor lebih dalam terkait entrepreneur atau pebisnis yang memberikan konten serupa. Kamu juga dapat mencari channel lain yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Hal tersebut lantaran semakin banyak wawasan tentang bisnis yang kamu miliki, maka kamu akan semakin baik dalam menganalisis berbagai kendala bisnis yang hendak kamu hadapi.

(Written by  Adrianus Sukanto)