Technical Thursday #30- Securing The Internet Of Things

0 Comments

Diprediksikan bahwa Internet Of Things akan menjadi bagian dari kebutuhan penting masyarakat maupun industri di masa depan. Saat ini sudah mulai bermunculan perangkat-perangkat baru yang berbentuk wearable device yang menjadi pelengkap gadget yang ada. Beberapa perangkat baru tersebut misalnya smart watch, tracker, home assistance dll. Terdapat ragam fungsi yang tersedia dari perangkat tersebut, diantaranya : menyediakan informasi terkait kondisi kesehatan pengguna, geo-lokasi pengguna, kondisi tempat tinggal pengguna, juga sebagai sarana untuk mengendalikan perangkat di rumah secara jarak jauh. Namun kesamaan dari perangkat tersebut ialah semua perangkat terhubung dengan internet secara langsung maupun tidak langsung. Lebih jauh kebutuhan masyarakat terhadap internet tidak hanya googling, media social, e-mail, chatting, video-call namun terdapat layanan baru yang disediakan melalui Internet Of Things. Oleh karenanya beberapa raksasa teknologi mulai dari Microsoft,Samsung, Google, Amazon, Intel, Cisco dll telah mulai menyiapkan infrastruktur juga layanan bersama operator terkait implementasi Internet Of Things.

Dilain pihak selain manisnya internet of things yang digembar-gemborkan para vendor maupun institusi riset bisnis dunia, masih terdapat isu penting terhadap efek samping yang ditimbulkan. Kemanan digital merupakan isu utama dan penting terhadap implementasi Internet Of Things. Tentunya sangat tidak diinginkan kondisi dimana terdapat penyusup yang bisa mendapatkan data geo-lokasi tracker yang dikenakan pada anak-anak. Atau penyusup yang berhasil memanipulasi data-data kesehatan pasien sehingga dokter yang menanganinya memberikan respon yang salah. Juga masih banyak lagi contoh-contoh efek samping terkait implementasi internet Of THings.

Pada event Technical Thursday kali ini akan dibahas terkait isu keamanan digital pada Internet Of Things, juga bagaimana upaya penerapan Internet Of Things yang secure. Dalam rangka HUT BDV ke-5, event Technical Thursday yang akan diselenggarakan cukup spesial terlebih narasumber yang akan mengisi topik tersebut merupakan salah satu pakar keamanan digital Indonesia, Bpk. Budi Rahardjo. Akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Kamis, 15 Desember 2016
Jam             : 14.00 WIB – 16.30 WIB
Tempat        : Bandung Digital Valley

Yuk buruan daftar, setiap peserta yang hadir berhak mendapatkan sertifikat!
 
FYI BDVers selain Technical Thursday  kita juga mengadakan Friday Talk yang akan diselenggarakan dihari berikutnya, pastikan kamu terdaftar di event berikutnya, Sampai ketemu di Technical Thursday dan Friday Talk ya.